Penyebab Maag serta Cara Pencegahannya

Kamu pasti sering mendengar orang yang mengatakan untuk tidak terlambat makan agar kamu tidak terkena penyakit maag. Maag adalah salah satu penyakit dengan gejala bagian perut yang terasanya sakit, mual atau muntah selesai saat makan, atau nyeri pada ulu hati, serta banyak ciri lainnya.
Maag bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh, karena meskipun maag terkadang dapat sembuh dengan sendirinya namun bagi kamu yang menderita penyakit maag harus tetap melakukan konsultasi dengan dokter atau bila perlu melakukan pemeriksaan jika maag yang kamu derita sudah terbilang cukup parah, seperti sulit menelan, sering muntah, hingga terjadi penurunan berat badan. Dengan berobat atau melakukan konsultasi ke dokter kamu akan mendapat resep dan obat yang bisa kamu konsumsi agar penyakit maag kamu tidak semakin parah.


Faktor Penyebab Terjadinya Maag
Seperti telah disebutkan di atas bahwa meskipun maag tergolong jenis penyakit yang ringan maag tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena jika tidak ditangani dengan serius maka bisa saja menjadi lebih parah dan menjadi maag kronis.
Terdapat banyak faktor yang melatarbelakangi timbulnya penyakit maag dalam tubuh seseorang yang perlu kamu perhatikan, adapun faktor-faktor tersebut diantaranya:
a.   Terlambat makan
Salah satu penyebab terjadinya maag yang paling banyak diketahui oleh masyarakat adalah seringnya terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur. Perlu kamu ketahui bahwa makan yang sering telat dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada organ lambung, dan jika hal ini terjadi secara berulang dapat menyebabkan timbulnya maag atau tukak lambung.
b.   Efek samping obat
Efek samping yang ada dalam obat juga dapat menyebebkan timbulnya penyakit maag khusunya obat kimia apabila terlalu sering mengonsumsi obat aspirin.
c.    Infeksi bakteri
Penyakit maag juga dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang ada di luar tubuh manusia, contohnya ketika adanya bakteri yang masuk ke lambung dengan berbagai jalan seperti lewat makanan yang dikonsumsi, minuman, udara, daya tahan tubuh yang lemah dan lain sebagainya.
d.   Alkohol dan kafein
Alkohol adalah salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi apalagi jika dalam jumlah yang banyak, begitu pula dengan kafein seperti yang ada dalam kopi atau coklat karena dapat menyebabkan penyakit maag.
e.   Menginsumsi makanan pemicu asam lambung
Penyakit maag disebabkan karena meningkatnya asalm lambung atau jumlah asam lambung yang terlalu banyak. Maka dari itu hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Cara Mencegah Penyakit Maag
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, pepatah ini mungkin cocok untuk kamu terapkan dalam diri hidup kamu untuk mencegah datangnya segala jenis penyakit di badan kamu. Pencegahan tersebut dapat kamu lakukan sedini mungkin agar berbagai jenis penyakit tidak singgah di tubuh kamu.
Adapun penyakit maag sendiri dapat kamu cegah dengan beberapa cara agar tidak dapat hinggap di tubuh kamu, seperti dengan menerapkan pola hidup sehat, jadwal makan yang teratur, makan empat sehat lima sempurna, mengurangi makanan pedas dan asam, menghindari mengkonsumsi alkohol, kafein, dan teh, berhenti merokok, dan masih banyak cara lainnya yang bisa kamu tempuh untuk menjaga tubuh kamu agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit maag. Selain itu, kamu juga bisa gunakan minyak Varash Oil untuk mencegah maag.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab terjadinya penyakit maag dan cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya agar badan tetap sehat dan dapat melaksanakan segala aktivitas dengan lancar. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Maag serta Cara Pencegahannya"

Posting Komentar