Gejala Asam Urat dan Makanan-Makanan Pemicu Timbulnya Asam Urat

Asam urat adalah salah satu bentuk penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada sendi-sendi tubuh yang jika sudah parah maka anak menyebabkan pembengkakan, dan kemerahan. Di kalangan masyarakat, orang menyebut penyakit asam urat ini dengan sebutan encok.
Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi tubuh dan bagian tubuh yang paling sering terkena adalah bagian jempol kaki, selain itu juga sendi tubuh lain di kaki seperti pergelangan kaki, telapak kaki dan lutut. Tidak jarang asam urat juga mengenai bagian tangan seperti lengan, siku, pergelangan tangan dan bagian tulang belakang juga kadang terkena asam urat.


Gejala Penyakit Asam Urat
Saat kamu mengetahui adanya penyakit asam urat dalam tubuh kamu, kamu harus segera melakukan pengobatan agar tidak menjadi lebih parah atau kronis. Maka dari itu kamu harus tahu gejala asam urat agar kamu tidak terlambat mengobatinya. Adapun gejala dari penyakit ini diantaranya:
a.    Nyeri di sendi kaki yang menimbulkan kemerahan
Gejala timbulnya asam urat dapat diketahui saat kamu merasa nyeri pada bagian kaki yang menimbulkan warna kemerahan yang disertai rasa panas menyengat, selain itu ketika munculnya rasa nyeri pada kaki saat digunakan untuk berjalan.
Saat kaki memiliki asam urat yang tinggi biasanya akan menimbulkan pembengkakan, dan jika tidak segera ditangani maka kaki akan semakin susah jika digerakkan.
b.    Sendi yang nyeri dan bengkak pada pagi atau malam hari
Nyeri sendi, pembengkakan, dan linu merupakan gejala utama adanya penyakit asam urat dalam tubuh. Selain itu asam urat juga biasanya diselingi dengan radang sendi yang menimbulkan kemerahan pada permukaaan kulit serta kesemutan. Gejala ini umumnya muncul pagi hari saat bangun tidur atau bahkan malam hari ketika menjelang waktu tidur.
c.    Susah bergerak dan sendi mengeras
Jika terdapat rasa nyeri pada tubuh baik di kaki maupun organ tubuh lainnya baiknya segera diobati agar tidak semakin parah seperti sendi yang mengeras dan kaku. Selain itu jika tidak segera diobati maka akan menyebabkan mati rasa sera lumpuh dalam jangka waktu tertentu.
Makanan-Makanan Pemicu Munculnya Asam Urat
Jika kamu menderita asam urat baiknya kamu menjauhi makanan-makanan yang dapat menyebabkan asam urat pada tubuh kamu menjadi semakin parah. Adapun makanan-makanan yang menyebabkan asam urat diantaranya:
a.    Jeroan
Jeroan adalah salah satu makanan yang wajib dijauhi oleh penderita asam urat, dan bagi yang belum terkena asam urat usahakan untuk jangan mengonsumi terlalu banyak makanan yang terbuat dari jeroan. Adapun makanan yang terbuat dari jeroan diantaranya: hati, usus, otak, ampela dan ginjal hewan.
b.    Daging merah
Sapi adalah salah satu hewan yang memiliki daging merah. Meskipun kaya protein, daging sapi juga harus dihindari bagi penderita asam urat karena adanya kandungan purin dalam daging sapi yang memicu timbulnya asam urat.
c.    Minuman dengan pemanis buatan
Bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman kemasan seperti kus buah kemasan yang mengandung gula berjenis fruktosa karena gula jenis ini merangsang produksi purin berlebih pada tubuh yang memicu timbulnya asam urat.
d.    Sayur hijau tertentu

Untuk kamu yang menderita asam uray ada baiknya menghindari sayur hijau seperti kol dan asparagus, karena jika dikonsumsi berlebih dapat memicu asam urat pada tubuh.

Demikian penjelasan mengenai gejala asam urat yang perlu kamu ketahui serta makanan yang harus kamu jauhi jika kamu tidak ingin menderita penyakit asam urat. Ada baiknya kamu juga melakukan pencegahan, misalnya saja dengan menggunakan minyak Varash Healing Oil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gejala Asam Urat dan Makanan-Makanan Pemicu Timbulnya Asam Urat"

Posting Komentar