Cara Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari

Siapapun yang memiliki sakit maag pasti setuju jika maag kambuh di malam hari adalah suatu hal yang menjengkelkan. Sakit perut yang muncul di malam hari dapat menganggu kualitas tidur kita dan berdampak pada aktivitas kita di keesokan harinya. Padahal, kurang istirahat merupakan salah satu faktor pemicu yang memperburuk sakit maag kita. Kalau sudah begitu, apa yang harus dilakukan? Nah, berikut ini adalah 12 cara untuk mengontrol sakit maag yang kambuh di malam hari yang telah kami siapkan untuk anda;

1.    Menjaga Berat Badan
Jika kita memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas, maka kita harus mulai mengatur pola makan yang sehat dan menurunkan berat badan. Olahraga teratur juga diperlukan untuk menjaga berat badan, sebab berat badan yang meningkat dapat memicu gejala-gejala maag.
2.    Menjaga Kualitas Tidur
Usahakan untuk tidur di sisi kiri dan meninggikan tubuh bagian atas saat berbaring. Berbaring di tempat tidur yang datar dan bantal yang rendah dapat menyebabkan mulas yang lebih serius sebab asam lambung bisa dengan mudah mengalir ke kerongkongan.
3.    Menghindari Pakaian Ketat
Pakaian ketat memberikan tekanan pada perut dan dapat menyebabkan gejala mulas. Lebih baik gunakan pakaian yang agak longgar sehingga aliran darah lebih lancar.
4.    Menghindari Makanan Pemicu Maag
Meskipun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadao makanan, namun ada baiknya untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, kafein, coklat dan kakao, mint, bawang putih, bawang merah dan bawang bombay, susu, makanan berlemak, pedas, berminyak, dan makanan asam.
5.    Menghindari Makan di Malam Hari
Makan dua hingga tiga jam sebelum tidur baik untuk mengurangi asam lambung dan mencegah gejala mulas pada malam hari. Makan makanan dalam porsi kecil dalam sehari juga dianjurkan untuk mengurangi tekanan yang berlebihan di perut akibat makanan.
6.    Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet mendorong produksi air liur yang dapat melegakan sofagus dan menurunkan kadar asam dalam perut.
7.    Tidak Buru-buru saat Majan
Makan dengan tempo yang santai mencegah perut menghasilkan lebih banyak asam, sehingga mengurangi gejala-gejala sakit maag.
8.    Jangan Makan sambil Berdiri atau Berbaring
Makanlah dengan posisi duduk yang nyaman untuk membantu kinerja perut. Duduk dengan santai membuat perut lebih rileks sehingga tekanan saat menelan bisa diminimalisir.
9.    Tetap Tegak Setelah Makan
Orang tua kita selalu mengingatkan kita untuk tidak langsung berbaring setelah makan. Ternyata, menjaga posisi tetap tegak setelah makan membuat resiko asam lambung naik ke kerongkongan berkurang secara efektif. Menghindari gerakan membungkuk atau mengangkat beda berat saat perut sedang mencerna makanan juga sangat dianjurkan.
10. Tidak Berolahraga setelah Makan
Tunggulah selama kurang lebih satu jam sebelum memulai aktivitas olahraga setelah makan. Memberi jeda pada perut setelah makan mencegah perut mengalami tekanan yang terlalu tinggi dan mengurangi resiko mulas.
11. Berhenti Merokok
Merokok adalah faktor terkuat penyebab mulas. Asap rokok dapat mengiritasi saluran pencernaan dan mengendurkan otot-otot kerongkongan sehingga membuat asam lambung terganggu.
12. Konsultasikan Obat-obatan dengan Dokter
Sangat penting memberi tahu dokter tentang jenis obat yang sedang anda konsumsi. Konsultasi ini membuat anda bisa mendeteksi obat-obatan mana saja yang memperburuk mulas seperti NSAID, beberapa jenis obat osteoporosis, jantung, tekanan darah, hormon, asma, bahkan beberapa jenis obat depresi.


Nah itulah beberapa cara mengatasi maag saat kambuh di malam hari. Selain itu, ada baiknya kamu balurnya minyak Varash healing Oil yang bisa mempercepat penyembuhan maag. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Maag Kambuh di Malam Hari"

Posting Komentar