Penyebab Wasir, Gejala dan Cara Pencegahannya

Penyebab Wasir, Gejala dan Cara Pencegahannya
Penyakit wasir atau yang biasa disebut dengan ambeien merupakan jenis penyakit yang sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang karena berdasarkan hasil penelitian disebutkan bahwa pada usia 50 tahun hampir setengah dari jumlah populasi yang ada pernah mengalami penyakit ini.
Wasir merupakan penyakit yang bisa yang bisa menyerang siapa saja baik laki-laki maupun perempuan, namun kasus ini lebih sering dialami oleh ibu hamil atau pasien yang mengalasi susah buang air besar (BAB) atau sembelit atau penderita diare kronis.
Bagi kamu yang belum tahu  bagaimana cara mengenali penyakit wasir, pada bacaan di bawah ini akan diulas secara lengkap tentang pengertian, gejala, penyebab, hingga cara pengobatan wasir.

Pengertian Wasir
Wasir atau biasa dikenal ambeien atau hemorrhoid merupakan suatu kondisi dimana pembuluh darah vena yang berada disekitar anus mengalami bengkak atau peradangan. Penyakit ini biasanya muncul berupa benjolan yang timbul pada sekitar rektum atau sekitar anus. Wasir biasanya terjadi disebabkan seringnya terlalu lama mengejan ketika melakukan buang air besar (BAB).
Wasir dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
a.    Internal hemorrhoid, yaitu wasir yang muncul pada bagian dalam saluran rektum. Jenis wasir ini umumnya tidak terasa nyeri namun dapat menyebabkan BAB berdarah.
b.    Ekternal hemorrhoid, yaitu wasir yang muncul pada bagian luar rektum, jenis ini bisa terasa nyeri atau gatal dan juga biasanya dapat robek dan berdarah.

Gejala Wasir
Wasir merupakan jenis penyakit yang ringan dan biasanya tidak menimbulkan gejala yang nampak. Namun tidak jarang juga menampakkan gejala yang sering muncul, diantaranya:
a.    Munculnya lendir setelah melakukan buang air besar (BAB)
b.    Terjadinya pendarahan setelah melakukan buang air besar, darah tersebut biasanya berwarna merah terang.
c.    Adanya benjolan yang tergantung di bagian luar anus, benjolan tersebut umumnya didorong kembali ke dalam anus setelah selesai melakukan buang air besar,
d.    Adanya rasa nyeri, pembengkakan, dan merah-merah pada daerah sekitar anus.
e.    Adanya rasa gatal di sekitar anus.

Penyebab Wasir
Selain biasanya disebabkan karena mengejan terlalu lama saat melakukan buang air besar wasir juga disebabkan oleh beberapa hal, meliputi:
a.    Usia yang semakin bertambah, sehingga penopang jaringan tubuh semakin lemah.
b.    Seringnya mengangkat beban yang berat.
c.    Kelebihan berat badan.
d.    Batuk-batuk dan sering muntah.
e.    Keturunan dari keluarga.
f.     Ibu hamil.
g.    Sering duduk lama.
h.    Seringnya melakukan hubungan seks lewat anus.

Beberapa kasus penyakit wasir yang terjadi pada seseorang dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada pula ang tidak sembuh sendiri dan memerlukan terapi. Jika dapat memilih tentu saja tidak pernah mengalami wasir adalah pilihan yang sangat diharapkan, namun untuk dapat terhidar dari penyakit wasir terdapat beberapa polah hidup yang perlu diterapkan diantaranya:
a.    Mengonsumsi air putih yang cukup.
b.    Mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, beras merah dan lain sebagainya.
c.    Tidak menundah buang air besar.
d.    Menurunkan berat badan.
e.    Olahraga yang teratur.
f.     Menghindari obat-obatan yang mengandung kodein.
g.    Mempercepat proses penyembuhanya dengan menggunakan Minyak Varash Oil.

Demikian beberapa informasi yang dapat kamu ketahui terkait wasir dan cara pengobatannya. Semoga bermanfaat dan semoga kamu sekalian terhidar dari berbagai macam penyakit. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Wasir, Gejala dan Cara Pencegahannya"

Posting Komentar