Mari Mengenal Ciri-Ciri Awal Penyakit Maag

Penyakit maag adalah suatu penyakit dimana terjadi kenaikan asam lambung sehingga menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut terasa nyeri. Penyakit maag ini banyak diderita oleh orang-orang tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Penyakit maag bisa terjadi karena perilaku kebiasaan makan dari seseorang yang kurang teratur bahkan telat makan atau makan yang berlebihan. Seseorang, jika sudah terkena maag maka berefek fungsi lambung mereka menurun dalam mencerna makanan.


Faktor Resiko Terkena Maag
Sedangkan faktor risiko yang menyebabkan seseorang terkena penyakit maag, meliputi :
1.    Terinfeksi bakteri seperti H. pylori. Infeksi H. pylori terhadap lambung dapat memecahkan lapisan pelindung lambung sehingga menyebabkan terjadinya perubahan pada lapisan lambung.
2.    Faktor risiko sakit maag kedua yaitu obat penghilang rasa sakit (anti nyeri) seperti antalgin, aspirin, ibuprofen dan naproxen dapat menyebabkan maag akut dan kronis. Penggunaan obat-obatan ini secara terus – menerus maka dapat mengurangi substansi kunci dalam membantu menjaga lapisan lambung.
3.    Usia dewasa lebih mudah terserang penyakit maag dibandingkan anak-anak. Ketika dewasa seseorang mudah terkena infeksi bakteri dan gangguan auto imun lainnya.
4.    Kebiasaan merokok dan minum alcohol. Keduanya merupakan kebiasaan yang buruk yang mengganggu kesehatan seseorang, seperti mengikis lapisan dinding lambung.
5.    Stress yang berlebihan. Stress yang terjadi dapat memicu produksitivitas asam lambung menjadi meningkat. Apabila asam lambung meningkat, maka penyakit maag tidak bisa dihindari.

Ciri-Ciri Terkena Maag
Selanjutnya mari mengenal ciri-ciri awal penyakit maag yang derita orang-orang. Tentunya bila sedari awal kita sudah mengetahui maka akan cepat teroati. Adapun ciri-ciri awal seseorang terkena penyakit maag adalah sebagai berikut:
a.    Perut terasa kembung. Gejala awal dari penyakit maag sering muncul pada seseorang adalah kejadian perut terasa kembung. Perut terasa kembung ini disebabkan di dalam lambung yang terdapat banyak gas (peningkatan asam lambung).
b.    Mengalami Mual dan Muntah Gejala awal yang juga sering terjadi pada penyakit maag adalah mual dan juga muntah. Hal ini disebabkan di dalam lambung terdapat banyak gas yang memicu rasa ingin muntah dan mau muntah.
c.    Menjadi sering lapar. Orang yang terkena maag biasanya memiliki pola makan yang kurang teratur sehingga menjadi sering merasa lapar. Namun ketika makan, malah dimuntahkan atau terasa mual dan gagal dimakan.
d.    Menjadi lebih sering bersendawa. Sendawa terjadi karena akibat gas yang dihasilkan lambung yang berlebihan. Tentunya gas lambung berlebihan dikeluarkan tubuh salah satunya melalui sendawa. Sendawa sebenarnya hal yang wajar namun jika terlalu sering, tandanya ada yang tidak beres dengan pencernaan.
e.    Paling terasa adalah timbulnya rasa sakit pada bagian perut dan juga dada. Orang yang terkena penyakit maag seringnya merasakan rasa sakit atau perih pada bagian perut dan juga pada bagian dada. Terkadang memang sulit membedakan antara orang maag atau yang sakit jantung. Karena sama-sama merasakan nyeri berlebihan pada dada. Terkadang rasa nyeri pada orang terkena maag juga disertai sesak napas. Oleh karena itu apabila terasa nyeri bisa dikonsultasikan dengan dokter.

Nah itulah beberapa cici-ciri seseorang terkana penyakit maag. Di atas juga telah dijelaskan bahwa yang bisa menyebabkan maag tidak hanya makan yang telat, tetapi juga makan yang berlebihan. Jika kamu sudah terlanjur terkena maag, tak ada salahnya kamu atasi dengan Miyak Varash Oil. Minyak ini sangat efektif mengatasi segala masalah kesehatan, tak terkecuali maag. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari Mengenal Ciri-Ciri Awal Penyakit Maag"

Posting Komentar